RoCA, Sensasi Ragam Paduan Rasa

Article on HELLO! Indonesia, Edisi Juni 2015 . RoCA (Restaurant of Contemporary Art)
SENSASI RAGAM PADUAN RASA 

Jakarta memang layak menyandang gelar surga kuliner dunia mengingat beragam makanan dari seluruh penjuru dunia bisa ditemukan di kota ini. Tidak hanya itu, Jakarta juga menghadirkan berbagai restoran yang menawarkan menu dengan konsep perpaduan makanan antar bangsa, atau lebih tenar dengan nama fusion cuisine, seperti yang ditawarkan RoCA.

Menghadirkan variasi menu makanan fusion Nusantara dan mancanegara, Restaurant of Contemporary Art (RoCA) yang terletak di lantai dasar Hotel Artotel Jakarta bisa memperkaya pilihan para penikmat kuliner ibu kota.

Restoran yang dibuka sejak bulan Oktober tahun 2013 silam ini dikepalai oleh Chef Faisal Irfan, chef asli Indonesia kelahiran 26 Desember 1975. Sempat menjelajahi dunia f & b Tanah Air dan juga mancanegara, chef lulusan jurusan tata boga SMKN 3 Bogor ini mengaku memiliki ketertarikan tersendiri terhadap menu makanan fussion. Setahun belakangan ini ia terus mengembangkan masakan khas Asia termasuk Indonesia dan memadukannya dengan masakan Eropa. Salah satunya menu Nasi Goreng Kemangi yang terinspirasi oleh basil pesto khas Italia. “Kalau pesto Italia menggunakan daun basil, saya menggunakan daun kemangi yang memiliki keharuman khas. Proses pembuatannya sama persis dengan pembuatan basil pesto, tetapi rasa dan aroma yang dihasilkan dari pesto kemangi ini sungguh berbeda,” jelas Chef Faisal bersemangat.

Para penggemar rasa segar bisa mencoba menu Asian Salad yang memiliki perpaduan rasa manis, asam dan pedas. “Saus yang dipakai dalam menu ini adalah hasil kreasi saya sendiri yang saya sebut Asian Sauce, bukan memakai saus Thailand yang banyak dijual di pasaran,” tuturnya sambil tersenyum. Sementara menu pasta yang terkenal sebagai makanan khas Italia pun tidak luput dari kreasi chef yang satu ini. Menu Soft Shell Crab Garlic Noodle dibuat dengan memadukan bumbu-bumbu khas Asia seperti minyak wijen dan bawang putih serta bumbu khas Italia seperti olive oil dan mentega. Kelezatan kepiting cangkang lunak yang digoreng kering juga memberikan sensasi rasa tersendiri saat menyantap menu pasta yang satu ini.

Nasi Goreng Kemangi
Bahan:
250 gram nasih putih, 50 gram pesto kemangi, 30 gram teri medan, 2 butir telur ayam, kocok lepas, 20 gram bawang putih, dicincang, 50 gram tomat, 20 gram cabai rawit merah, 5 ml kaldu ayam, 20 ml minyak sayur, 2 gram garam, 1 gram lada putih
Bahan Pelengkap:
50 gram bawang merah goreng, 30 gram kol, 30 gram acar, 30 gram kerupuk, 2 buah tempe goreng tepung, 1 sdm sambal terasi
Bahan Pesto Kemangi:
1 kg daun kemangi, 50 gram kacang mede, 50 gram bawang putih, 30 gram keju parmesan, 5 gram garam, 2 gram lada hitam, 300 ml virgin olive oil, 700 ml air.
Cara membuat: 
  1. Panaskan minyak sayur di wajan, masukkan telur, aduk-aduk lalu goreng hingga matang. 
  2. Setelah telur matang, masukkan bawang putih cincang, tumis kembali hingga harum.
  3. Masukkan nasi putih dan pesto kemangi, aduk hingga rata.
  4. Setelah rata, tambahkan ikan teri, cabai rawit merah, kaldu ayam, garam dan lada. Aduk terus hingga nasi agak mengering. 
  5. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng, acar, kol, kerupuk, tempe goreng tepung dan sambal terasi. 
Cara membuat Pesto Kemangi: 
  1. Didihkan air di dalam panci.
  2. Setelah air mendidih masukkan daun kemangi selama satu menit lalu tiriskan.
  3. Giling halus daun kemangi yang telah direbus bersama kacang mede, bawang putih, keju parmesan, garam, lada hitam dan virgin olive oil.


Soft Shell Crab Garlic Noodle
Bahan:
80 gram spaghetti, 20 gram kepiting kalengan, 120 gram kepiting cangkang lunak goreng tepung, 30 gram yonsoi, 20 gram bawang putih, 20 gram minyak sayur, 5 gram biji wijen, 10 gram daun bawang, 5 ml kaldu ayam, 2 gram garam, 1 gram lada putih
Bahan Yonsoi: 
100 ml Soy Sauce Kikoman, 100 ml Oyster Sauce Kikoman, 50 ml minyak wijen, 50 gram gula aren

Cara membuat:
  1. Panaskan minyak sayur di dalam wajan, lalu tumis bawang putih hingga harum dan berwarna kecokelatan.
  2. Masukkan irisan daun bawang, daging kepiting kalengan, dan yonsoi lalu tumis kembali hingga semua tercampur.
  3. Tambahkan spaghetti yang telah direbus, aduk hingga rata.
  4. Sajikan dengan kepiting cangkang lunak goreng tepung. 
Cara membuat yonsoi: 
  1. Campur semua bahan menjadi satu dalam wadah.

Hospital Hater
Bahan:
30 ml jeruk nipis segar, 200 gram nanas, 50 gram brokoli, 100 ml air, 100 gram es batu
Cara membuat:

Masukkan semua bahan ke dalam blender lalu giling hingga halus. 2. Tuang ke dalam gelas, lalu sajikan dingin.


TEKS: SYAHRINA PAHLEVI
FOTO: VANESSA BERNADETTE (0812114169440)
LOKASI: ROCA, ARTOTEL JAKARTA, LANTAI DASAR, JL. SUNDA NO. 3, MENTENG JAKARTA PUSAT.
TELEFON: 021-31925888 WWW.ARTOTELINDONESIA.COM


Sumber: Majalah HELLO! Indonesia, June 2015 Edition


No comments:

Post a Comment