Restoran Signatures, Kuliner Eksotik dari Bumi Pertiwi

Article on HELLO! Indonesia, Edisi April 2015. Restoran SIGNATURES
KULINER EKSOTIK DARI BUMI PERTIWI
Tema sejarah perjuangan bangsa secara kental menyelimuti restoran yang satu ini. Foto presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno yang terpampang dalam bingkai berukuran sangat besar pun menjadi salah satu elemen interior restoran yang terkenal menu bubur ayamnya tersebut. Kali ini Signatures Restaurant, Hotel Indonesia Kempinski menawarkan sajian eksotik sajian asli Nusantara.


Memiliki hobi membantu sang ayah sejak kecil adalah titik awal bagi chef asal Jawa Tengah ini mulai membangun mimpinya untuk terjun serius dalam dunia kuliner. Lepas masa sekolah lanjutan atas, Chef Prasetyo Widodo pun memutuskan untuk melanjutkan pendidikan tinggi ke Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata (BPLP) NHI Bandung jurusan Perhotelan. Kariernya di dunia F&B dimulai saat ia mengikuti apprenticeship program di Grand Hyatt, Jakarta. Malang melintang selama 23 tahun di dunia masak-memasak ternyata membawanya untuk tetap mencintai masakan negeri, kali ini ia menyajikan tiga makanan dari tiga daerah di Indonesia, yaitu Bali, Manado dan Jawa Tengah.
“Masakan Indonesia itu sekarang sudah memiliki penggemarnya sendiri, tidak hanya orang-orang pribumi tapi banyak orang asing yang juga mulai melirik masakan khas Indonesia,” ujar chef yang pernah berjualan sup buntut dan sate di benua Eropa ini.
“Restoran Signatures ini memang bukan restoran yang menyajikan masakan khas Indonesia saja. Kami juga menyajikan masakan dari Cina, Jepang, India dan juga (masakan) Barat. Tetapi saya ingin sekali bisa makin menonjolkan unsur masakan Indonesia dibanding masakan lainnya,” lanjutnya.
“Itu juga alasan mengapa saya memilihkan tiga menu masakan khas Indonesia dari tiga daerah yang berbeda kali ini. Mengingat masakan Indonesia itu tergolong unik, setiap daerah memiliki ciri khas rasa yang berbeda-beda. Seperti masakan Ayam Woku yang pedas dari Manado, Sate Lilit yang gurih dari Bali dan juga Asem-asem Daging yang segar dari Jawa Tengah,” ujarnya bersemangat.
“Restoran ini merupakan bagian dari bangunan bersejarah bagi bangsa ini, saya ingin masakan saya juga bisa menjadi bagian dari kenangan akan sejarah itu. Kenangan akan sesuatu bisa dirasakan oleh semua indera yang kita miliki, jadi saya ingin kenangan rasa di lidah bisa memberikan kebahagiaan tersendiri bagi orang- orang yang datang ke Signatures Restaurant,” tuturnya menambahkan.
 
AYAM WOKU 
Bahan:
250 gram ayam, 10 ml air jeruk nipis, 50 gram serai, 50 gram tomat, 20 gram daun jeruk limau, 50 gram daun bawang, 100 gram cabai merah, 100 gram daun kemanggi, 10 gram gula pasir, garam secukupnya.
Bumbu yang dihaluskan:
150 gram bawang merah, 100 gram bawang putih, 150 gram cabai merah, 50 gram cabai rawit, 50 gram jahe, 50 gram serai, 10 gram kunyit.
Bahan pelengkap:
Nasi putih, bawang merah goreng, emping melinjo, daun kemangi, irisan cabai merah.
Cara membuat:
1. Rendam ayam dalam air jeruk nipis dengan garam selama 15 menit, sisihkan. 
2. Iris tomat, daun bawang, cabai merah, dan serai. 3. Panaskan minyak dalam wajan, masukkan bumbu halus, lalu tumis hingga harum. 4. Setelah bumbu mengharum, masukkan ayam, bumbu yang telah diiris, daun kemangi, serai dan gula. 5. Masak hingga air berkurang dan ayam matang. 6. Angkat lalu sajikan bersama dengan nasi putih hangat, bawang merah goreng, emping melinjo, dan kemangi serta irisan cabai merah.
SATE LILIT 
Bahan:
250 gram ikan tenggiri, 150 gram udang, 2 gram gula merah, 5 gram daun jeruk limau, 100 gram kelapa parut, garam dan lada secukupnya.
Bumbu halus:
50 gram bawang merah, 30 gram bawang putih, 20 gram kunyit, 25 gram kemiri, 10 gram terasi, 5 gram gula merah, 15 gram cabai merah, 2 gram daun jeruk limau, 50 gram serai, 30 ml minyak kelapa.
Bahan pelengkap:
Urap sayuran, sambal matah, acar, bawang merah goreng.
 
Cara membuat:
1. Panaskan minyak kelapa di dalam wajan, lalu tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Sisihkan. 
2. Campur bumbu halus dengan daging ikan tenggiri, udang, kelapa parut, irisan daun jeruk limau, dan tambahkan garam dan lada secukupnya.
3. Lilitkan daging ikan dan udang di sekeliling batang serai. Lalu panggang hingga matang.
4. Sajikan dengan urap sayuran, sambal matah, acar, dan bawang merah goreng.
ASEM-ASEM DAGING 
Bahan:
300 gram daging sengkel sapi, 50 gram bawang merah, 30 gram bawang putih, 20 gram serai, 100 gram belimbing wuluh, 50 gram gula merah, 100 gram tomat, 50 gram cabai merah, 50 gram cabai hijau, 100 ml kecap manis, garam dan lada secukupnya.
Bahan pelengkap:
Nasi putih, bawang goreng merah, sambal cabai hijau, irisan jeruk nipis.
 
Cara membuat:
1. Rebus daging sapi hingga empuk, sisihkan.
2. Tumis bawang putih, bawang merah, serai hingga harum lalu masukkan ke dalam panci berisi daging dan kaldu sapi dari rebusan daging sapi.
3. Masak hingga kaldu mendidih, lalu masukkan cabai merah, cabai hijau, belimbing wuluh, gula merah dan tomat.
4. Tambahkan kecap manis. garam dan lada. Masak hingga matang.
5. Sajikan dengan nasi putih dan sambal hijau.

GINGER LEMONADE 
Bahan:
4 buah jeruk lemon, 3 sdm gula pasir, 100 gram jahe segar di parut, es batu, air mineral.
 
Cara membuat:
1. Peras air jeruk lemon, lalu campurkan dengan parutan jahe, kocok, kemudian saring.
2. Masukkan es batu ke dalam gelas, tuang air lemon dan air mineral.
3. Beri hiasan ceri merah dan irisan lemon.




 
TEKS: SYAHRINA PAHLEVI
FOTO: MULIA SEPTIARNI
LOKASI: SIGNATURES RESTAURANT, JL. MH THAMRIN NO 1. LOBBY LEVEL, HOTEL INDONESIA KEMPINSKI, JAKARTA PUSAT 10310.


Sumber: Majalah HELLO! Indonesia, April 2015 Edition
Rubrik: Resep

No comments:

Post a Comment