Edisi Ngacak-ngacak Dapur: Es Pisang Hijau Makassar

Edisi Ngacak-ngacak Dapur:
Es Pisang Hijau Makassar


Rasanya baru beberapa bulan lalu saya menikmati syahdunya bulan yang selalu saya rindukan setiap tahunnya ini, namun nyatanya waktu berjalan cukup cepat dan akhirnya kembali mempertemukan saya dengan bulan Ramadan tahun ini.

Ramadan merupakan salah satu bulan yang memang selalu saya nantikan, selain saya merasakan nuansa yang berbeda dengan bulan-bulan lainnya, bulan Ramadan juga memberikan kesempatan bagi saya untuk mengeksplor minat memasak saya. Di bulan ini biasanya saya akan mencoba memasaka beberapa menu baru yang belum pernah saya coba sebelumnya. Berbekal keinginan adik bungsu saya yang tiba-tiba ngidam untuk menyantap menu Es Pisang Hijau Makassar, akhirnya saya menghubungi Nila, partner in crime saya dalam hal memasak . Saya meyakini bahwa dia pasti memiliki resep jitu untuk makanan yang satu ini, mengingat darah Makassar mengalir cukup kental di dalam tubuhnya. Ternyata tebakan saya tidak salah, dalam waktu singkat akhirnya saya mendapatkan resep Pisang Hijau Makassar yang cukup mudah untuk dicoba. Seperti biasa saya melakukan sedikit penyesuaian ala saya. Selamat mencoba.

Es Pisang Hijau Makassar:

Bahan Pisang Hijau:
2 buah Pisang Raja matang (karena tidak ada pisang raja dan adanya pisang kepok jadi saya memakai 5 buah pisang kepok matang)
2 gelas Tepung Beras
1/2 gelas Tepung Sagu
1 gelas Gula Pasir
1/2 gelas Tepung Terigu
3 gelas Santan Kental
1/2 sdt Garam
Pewarna hijau/ perasan daun suji secukupnya
Daun Pisang untuk membungkus pisang

Bahan Vla Putih:
1 gelas Tepung Beras
1 gelas Santan Kental
Garam dan gula secukupnya

Bahan Pelangkap:
Sirup rasa Pisang Susu
Susu Kental Manis Putih
Es Batu

Cara Membuat:
Adonan Pisang Hijau:
1. Campur semua bahan pisang hijau ke dalam panci, aduk rata.
2. Masak dengan api kecil, aduk hingga kental. Setelah kental matikan api.
3. Aduk terus sampai adonan terus sampai kalis.
4. Taruh adonan di atas daun pisang, ratakan.
5. Taruh pisang di tengahnya lalu bungkus dengan adonan hijau. Bungkus lagi dengan daun pisang.
7. Kukus adonan pisang hijau yang telah dibungkus daun pisang hingga matang (sekitar 5 - 10 menit).

*(Resep aslinya adonan yang sudah kalis dikukus hingga matang dan terlihat mengkilat. Lalu bungkus pisang dengan adonan yang sudah matang).

Vla:
1. Masukan semua bahan ke dalam panci.
2. Masak dengan api kecil hingga kental atau tampak seperti bubur sum-sum

Cara Menyajikan:
1. Iris pisang hijau, taruh di dalam mangkuk.
2. Tambahkan beberapa sendok vla, es batu, sirup, dan susu kental manis secukupnya.

Sajian ini benar-benar cocok dan segar jika disajikan sebagai menu berbuka puasa. Saya jamin itu.. ^_^


Baca Juga:
Edisi Ngacak-ngacak Dapur: Easy Banana Cake   
Simple Food ala Chef Yuda Bustara

No comments:

Post a Comment