Semangkuk Soba Panas & Gurih di Jantung Kota Jakarta

Semangkuk Soba Panas & Gurih
di Jantung Kota Jakarta
Jika seseorang bertanya tentang mi asal Jepang, kira-kira mi jenis apa yang akan segera Anda ingat? Saya rasa ramen akan menjadi jawaban Anda. Benar kan? Bagi mereka para pecinta kuliner Jepang, ramen pasti merupakan salah satu makanan yang sangat akrab dan juga sangat dikenal oleh mereka. Tetapi, tahukah Anda bahwa ada jenis mi asala Jepang lainnya yang juga cukup terkenal seperti udon dan soba?
Kali ini saya berkesempatan mencicipi soba, salah satu mi asal Jepang yang terbuat dari tepung buckwheat dari restoran yang bernama Sagami Soba. Sagami Soba adalah restoran soba asal Jepang yang telah beroperasi sejak tahun 1970. Restoran ini berlokasi di food court Plaza Senayan, Jakarta Pusat. Gerainya tepat berada di antara gerai makanan Korea Selatan, Hangang dan makanan negeri tirai bambu, Golden Century.
Sagami Soba mengusung slogan No. 1 Soba Restaurant from Japan dengan produk andalan yaitu mi panas dan dingin. Walaupun namanya Sagami Soba, namun restoran ini menyajikan tiga jenis mi, yaitu soba, udon, dan ume. Saya sudah mengenal dengan baik apakah itu soba dan udon, namun jenis mi yang bernama ume ini membuat saya penasaran. Saya akhirnya bertanya kepada pramuniaga di sana dan ia menjelaskan bahwa ume adalah mi soba yang dibuat dengan tepung buckwheat dan buah plum, kombinasi yang menghasilkan rasa segar dan sedikit asam di dalam mi. Jika mi biasanya berwarna putih atau kuning, ume memiliki warna yang sangat cantik, yaitu merah muda. 
Kala itu saya sedang "ngidam" untuk menyantap semangkuk mi dengan rasa pedas dan panas, akhirnya pilihan saya jatuh kepada Spicy Beef Soba, dan saya meminta untuk dibuat dengan menggunakan ume soba. Mengingat saya adalah penggemar berat ramen dan saya bukanlah orang yang suka berpetualang dengan makanan saya, maka memesan ume cukup membuat saya khawatir. Saya hanya menunggu sekitar lima menit dan semangkuk ume panas tersaji cantik di hadapan saya.
Spicy Beef Soba tampak seperti semangkuk mi ramen regular bagi saya, dengan irisan tipis daging sapi, nori (rumput laut kering), dan irisan daun bawang di atasnya. Mengingat saya memesan versi pedas, maka kuah Spicy Beef Soba terlihat cukup merah dan menggoda. Saya menyeruput sedikit kuah dari mangkuk berukuran sedang tersebut dan rasanya sangat mengagumkan. Kombinasi dari rasa pedas, gurih, manis dan asam ume tercampur apik dan pas di mulut. Kekenyalan mi juga dimasak dengan baik oleh Sagami Soba, so lovely to chew. Porsi yang disajikan cukup pas, dengan harga sekitar 55 ribu rupiah perporsinya. Bagi Anda para pengemar mi saya pastikan restoran ini harus masuk dalam daftar "wajib coba" Anda.
Mi ala jepang merupakan mi yang biasanya disajikan bersama dengan beragam topping di atasnya. Sagami Soba menyediakan topping daging sapi, ayam, dan juga seafood. Tidak hanya mi, mereka juga menyajikan donburi (rice bowl), sushi, tempura, dan juga onigiri serta musubi.
Sagami Soba memiliki lebih dari 100 buah gerai di seluruh dunia, tapi untuk saat ini di Indonesia mereka baru memiliki dua buah gerai, yaitu di Plaza Senayan dan di Aeon Mall BSD, Tangerang.



Nama Restoran: Sagami Soba
Alamat: Plaza Senayan Food Court Level 3
Jl. Asia Afrika No. 8 South Jakarta 10270
Jam Buka: Senin - Minggu, pukul 10 pagi – 10 malam
Map:

No comments:

Post a Comment