Under My Lens: Sore Hari di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta

Under My Lens: Sore Hari di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta

Stadion Utama Gelora Bung Karno terletak tepat di dalam komplek olahraga Senayan di kawasan Jakarta Selatan. Stadion ini merupakan stadion utama, karena ukurannya yang sangat besar dan berbeda jauh dengan ukuran stadion-stadion lainnya yang ada di dalam komplek. Stadion ini merupakan Stadion yang digunakan untuk kegiatan pertandingan sepak bola. Dibangun pada tahun 1960 dan selesai ditahun 1962, stadion ini dahulunya dipersiapkan sebagai fasilitas penyelenggaraan Asian Games ke-empat. Stadion ini tersohor dengan bentuknya yang melingkar seperti gelang perak raksasa yang biasa disebut dengan nama Temu Gelang.

Selain Asian Games ke-empat, stadion kebanggaan masyarakat Indonesia ini juga telah sukses menjalani perannya sebagai tuan rumah berbagai acara kompetisi olahraga internasional seperti SEA GAMES, Sudirman Cup, AFF, Tiger Cup, dan beberapa pertandingan persahabatan antara tim nasional Indonesia dengan klub-klub besar dunia seperti Juventus, Chelsea, Liverpool, Arsenal, dan Park Ji Sung Foundation. Kini Stadion Utama Gelora Bung Karno tengah dipersiapkan sebagai tuan rumah Asian Games tahun 2018 mendatang.

Stadion ini awalnya berkapasitas seabanyak 120.800 penonton, namun saat proses renovasi yang dilakukan tahun 2007 jumlah kapasitas stadion berkurang 88.083 penonton. Stadion ini dibagi menjadi 24 sektor dan memiliki 12 pintu masuk.

Kalau boleh jujur, ini kali pertama saya masuk dan menyaksikan pertandingan sepak bola langsung di dalam stadion (sisanya saya masuk stadion untuk menonton konser). Terbayang di pelupuk mata jika (saja) Timnas Indonesia bisa kembali menjadi macan Asian. Gemuruh suara penonton menyanyikan lagu Indonesia Raya yang hanya untuk pertandingan persahabatan ini saja tak ayal membuat semua bulu kuduk saya berdiri, bagaimana jika lagu itu berkumandang saat pertandingan antara Timnas Indonesia dengan Timnas Negara lain dalam satu pertandingan sepak bola kelas dunia. Pertandingan piala dunia misalnya.

Berikut beberapa momen yang berhasil saya abadikan saat saya berada di dalam stadion, this stadion is HUGE!!








No comments:

Post a Comment