Tekuni Dunia Tarik Suara, Angel Pieters Ingin Jelajahi Panggung Dunia


Article on HELLO! Indonesia, Edisi Oktober 2015. Angel Pieters
Tekuni Dunia Tarik Suara
Angel Pieters Ingin Jelajahi Panggung Dunia

Bernyanyi diakui sebagai passion-nya sejak usia dini. Hal itu juga yang mendorong perempuan muda ini serius terjun ke dunia tarik suara. Asam garam sebagai seorang penghibur di atas panggung yang dikecapnya sejak berusia tujuh tahun pun membuat sosok Angel Pieters tumbuh menjadi pribadi yang kuat. Kepada HELLO! Indonesia ia berbagi cerita tentang impiannya untuk bisa mendunia.
 

Ditemui di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, perempuan muda kelahiran Jakarta, 15 Agustus 1997 ini datang ditemani oleh sang ibunda. Dengan menggunakan pakaian kasual serba hitam, Angel Pieters menyapa hangat seluruh Tim HELLO! Indonesia. Masih tampak raut lelah menggantung di wajahnya, maklum saja penyanyi muda ini baru kembali ke Tanah Air setelah menyanyi di negeri Paman Sam tepat sehari sebelum wawancara berlangsung. “Maaf ya, saya terlambat. Masih agak jetlag soalnya,” tuturnya sambil tersenyum dan membuka perbincangan kami siang itu. 
MENITI KARIER SEJAK DINI 
Dara cantik berdarah Maluku-Sumatera ini mulai meniti karier profesionalnya di panggung kompetisi menyanyi Idola Cilik yang diadakan oleh salah satu stasiun televisi swasta Tanah Air. Kala itu ia baru saja menginjak usia 10 tahun. Berhasil meraih posisi juara kedua dalam kompetisi tersebut, sosoknya mulai dikenal oleh khalayak banyak. Namun ternyata panggung tersebut bukanlah titik awal dirinya terjun ke dunia tarik suara. “Saya mulai belajar bernyanyi sejak usia lima tahun. Kebetulan Papa adalah seorang penikmat musik, dari kecil saya terbiasa sekali mendengarkan musik- musik karya Pavarotti. Suatu ketika saya sedang mendengarkan lagu di dalam mobil, saya spontan ikut menyanyikan lagu tersebut. Akhirnya Papa bilang, ‘Wah Angel bisa nyanyi ya, bagaimana kalau kamu ikut les vokal saja?’ Setelah itu akhirnya saya masuk ke dalam sekolah vokal milik almarhum Bang Elfa Secioria,” cerita Angel bersemangat. 
Kecil-kecil cabai rawit, mungkin itu adalah julukan yang pas bagi putri pasangan Patria H. Pieters dan Denny Pieters ini. Walaupun dirinya adalah murid termuda di sekolah musik tersebut namun tidak menghalangi kesempatannya untuk berpartisipasi di berbagai ajang kompetisi menyanyi dunia. Sang guru, Elfa Secioria pun membawanya melanglang buana mengikuti berbagai kompetisi tersebut. Angel pernah merasakan tampil di World Choir Games yang diadakan di Xianmen, Tiongkok pada tahun 2006. Kala itu ia sukses menumbangkan semua pesaingnya dan menyabet medali emas, saat itu dirinya baru menginjak usia sembilan tahun. Pada tahun 2007, ia kembali mendapat penghargaan di Asian Choir Games di Jakarta dan juga juara satu dalam kompetisi Christian Children Singing Award. “Bang Elfa, benar-benar sosok yang sangat berjasa bagi saya. He gave me a lot of opportunities,” kenang Angel. 
“Selain Bang Elfa, ada seorang guru musik di sekolah yang juga sangat berjasa bagi saya. Pak Os namanya. Beliau yang sering mengajak saya ikut dalam lomba bernyanyi di berbagai sekolah di Jakarta,” lanjutnya lagi. Walaupun masih sangat belia, bakat menyanyi yang dimilikinya tidak terbantahkan, ia pun kerap pulang dengan membawa hadiah-hadiah hasilnya memenangkan kompetisi menyanyi tersebut. “Kadang saya pulang bawa oven, kadang rice cooker. Ya pokoknya hadiah yang saya dapatkan dari lomba-lomba tersebut....ha ha ha...,” tuturnya tergelak. 
Pengalamannya ikut dalam kompetisi Idola Cilik pun terbilang cukup unik. Angel mengaku bahwa ia tidak sengaja melihat iklan acara tersebut, terlintas di benaknya bahwa jika ia memang ingin serius di dunia tarik suara, maka ia harus menjajal nyalinya di ajang yang satu ini. “Karena dari kecil saya memang memiliki impian menjadi seorang penyanyi dan bisa tampil di televisi. Akhirnya saya memutuskan untuk pergi sendiri ke warnet (warung internet – Red), nge-print formulir sendiri, baru kemudian minta persetujuan kedua orangtua,” kisahnya sembari tersenyum. “Mama dan Papa sempat kaget dan bertanya apakah saya yakin ingin ikut ajang tersebut,” lanjutnya lagi. 
BERJUANG UNTUK IMPIAN 
Selalu ada dua sisi dalam kehidupan, baik positif maupun negatif, suka dan duka. Hal tersebut pun tidak bisa dihindari oleh perempuan yang memiliki hobi makan enak dan traveling ini. “Banyak orang yang sayang sama saya, tetapi saya juga tidak bisa menutup mata bahwa banyak orang yang tidak suka kepada saya. Selain pujian akan prestasi dan juga kemampuan saya dalam bermusik, saya juga banyak menerima kritik. Ada pihak yang tidak bisa menerima saya apa adanya, biasanya penampilan saya yang paling mereka soroti,” tuturnya sendu. “Some people do trying to pull me down, underestimate me, but well, haters gonna hate. Bagi saya, yang memahami saya adalah saya sendiri, kedua orangtua dan orang-orang terdekat. Pandangan dari mereka yang paling saya pedulikan,” katanya menambahkan. 
Namun perempuan yang pernah berduet dengan sejumlah tokoh musik dunia seperti Ruth Sahanaya dan Sado Watanabe ini tidak menyerah dengan semua suara sumbang tersebut. Angel yakin masih banyak orang yang mendukung dan juga mencintainya. “Saya memiliki satu talenta yang juga merupakan salah satu hobi saya. Sekarang bahkan saya mendapatkan penghasilan dari kegemaran tersebut. 
Kurang apa lagi? Tapi kalau boleh jujur hal yang membuat saya sangat bahagia adalah saat seseorang merasakan hal positif dari apa yang saya kerjakan. It means a lot to me! I enjoy it so much!” lanjutnya lagi. 
Menjadi penyanyi profesional yang mendunia dan mampu mengharumkan nama bangsa pun menjadi mimpi yang tengah dibangun oleh anak kedua dari tiga bersaudara ini. Selain dunia tarik suara, perempuan muda ini juga tengah menjajal kemampuannya di bidang akting. Akhir-akhir ini ia disibukkan dengan perannya dalam acara serial televisi di salah satu stasiun televisi swasta Tanah Air. Baginya menjajal dunia baru selain menyanyi adalah satu tantangan yang bisa mengembangkan bakat nya yang lain, seperti yang dilakukan oleh panutannya, Beyoncé dan mendiang Whitney Houston. “Secara pribadi saya bukan orang yang suka coba-coba, tetapi sebagai orang yang terjun di dunia hiburan rasanya saya setidaknya harus bisa menguasai segala bidang. Terlebih saya juga masih muda, jadi memang saatnya saya untuk mengeksplorasi segalanya,” tutur Angel ceria. “Namun jika memang harus memilih, saya akan tetap fokus di dunia tarik suara,” tegasnya lagi. 
DUET DENGAN DAVID FOSTER 
Wajah Angel sontak berubah ceria kala ditanya mengenai duetnya dengan David Foster, salah satu idolanya. “It’s like a dream comes true! Saya benar-benar tidak menyangkanya,” kisahnya dengan berbinar. “Belum lagi kesempatan itu datang lebih dari sekali. Saya sudah pernah berduet dengan David Foster dalam empat kali pertunjukkan yang berbeda,” jelasnya. 
Prestasi tersebut juga yang membuat Angel yakin bahwa usaha kerasnya sekarang pasti akan terbayar suatu hari nanti. Ia percaya bahwa masih ada hal yang harus dipelajari olehnya. Ia pun terus berusaha untuk fokus dan berusaha melakukan hal yang terbaik untuk kariernya. “Saya percaya jika saya memberikan yang terbaik maka hal itu akan mendatangkan hal yang terbaik juga. Rezeki yang diberi Tuhan juga tidak terbatas. Kesempatan pasti bisa datang kapan saja,” tuturnya yakin. 
Selain pengalaman berduet dengan idolanya, Angel bercerita bahwa ia pernah mengalami saat di mana ia meyakini bahwa saat itu adalah titik balik dalam kehidupan kariernya. “Waktu itu saya berada di panggung Grand Final Idola Cilik, saya terjatuh di atas panggung. Saya merasa malu pastinya, tetapi saat itu saya merasa bahwa mental saya sedang diuji. Bisa saja saya merengek minta tolong, namun saya kemudian berpikir kalau saya tidak berdiri untuk diri saya sendiri, siapa lagi yang akan memperjuangkan semua mimpi saya nantinya. Karena terwujud atau tidaknya mimpi saya ini benar-benar tergantung kepada seberapa keras saya berusaha untuk mewujudkan mimpi saya tersebut,” tukas Angel sembari tersenyum.

TEKS: SYAHRINA PAHLEVI
FOTO: SAEFFIE ADJIE BADAS
PENGARAH GAYA: BUNGBUNG MANGARAJA
TATA RIAS : ANDY CHUN (08113619911)
TATA RAMBUT: KIEFER LIPPENS (087860195997)
BUSANA: MM6 BY MAISON MARTIN MARGIELA AT CENTRAL DEPT STORE GRANDINDONESIA EASTMALL
AKSESORI: REGINA GARDE
LOKASI: BROWN SUGAR, DHARMAWANGSA SQUARE
Sumber: Majalah HELLO! Indonesia, October 2015 Edition
Rubrik: Celeb News

Baca Juga:
Konsistensi & Totalitas Ario Bayu Geluti Dunia Seni Peran 

No comments:

Post a Comment