Doa Tahun Baru Raline Shah, Ingin Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Article on HELLO! Indonesia, Edisi Januari 2015. Raline Shah
DOA TAHUN BARU
RALINE SHAH
INGIN MENJADI PRIBADI YANG LEBIH BAIK
Bermula dari panggung pemilihan Putri Indonesia 2008, karier Raline Shah kian menanjak seiring waktu. Mendapatkan peran dalam film Supernova, Raline pun semakin mengukuhkan namanya di jagat perfilman Tanah Air.


Raline Shah, dara cantik kelahiran Jakarta 29 tahun silam ini mulai dikenal oleh publik Indonesia setelah ia menjadi salah satu finalis dalam ajang Puteri Indonesia pada tahun 2008 lalu, saat itu juga ia berhasil memenangkan kategori Puteri Kepulauan Sumatera, Puteri Terfavorit dan juga dianugerahi sebagai Puteri Lingkungan Hidup. Setelah itu paras cantiknya pun tampak semakin sering hadir di jagat pertelevisian Tanah Air, namun film 5 cm besutan sutradara Rizal Mantovani lah yang sukses membuat Raline Shah mengukuhkan namanya dalam dunia perfilman tanah air. Kemajuan kariernya di dunia film Tanah Air pun tidak diragukan lagi, belum lama ini Raline sukses memerankan tokoh Rana dalam film Supernova yang diangkat dari novel sukses milik Dee Lestari. Kali ini Tim HELLO! Indonesia berkesempatan berbincang tentang cita-citanya dalam karier dan mimpi yang ingin dicapainya di tahun 2015.

MENJADI ORANG YANG LEBIH BAIK
Ditemui oleh Tim HELLO! Indonesia disela-sela kesibukannya setelah mempromosikan film terbarunya Supernova, Raline mengatakan bahwa ia tidak memiliki target tertentu baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan kariernya di tahun 2015. Segala sesuatu selalu ia jalankan dengan sepenuh hati dan tanggung jawab. “Kalau berbicara tentang target di tahun 2015, jujur saya tidak memiliki target tertentu. Karena menurut saya, segala sesuatu yang dijalankan dengan baik dan juga dengan usaha terbaik pasti akan berjalan dengan sangat baik. Jadi biarkan hal itu mengalir apa adanya saja. Terlebih bagi saya yang memang menjalani karier di dunia seni peran, saya pasti harus menunggu tawaran yang ada. Jadi, ya jalani saja semuanya sebaik mungkin,” ujar Raline. “Sedangkan target pribadi, saya ingin menjadi seseorang yang lebih baik, lebih disiplin dan lebih sehat.” lanjutnya sambil tersenyum simpul.

Mulai dikenal publik Indonesia sejak tahun 2008 silam, dara cantik yang menghabiskan masa remajanya dengan bersekolah di negara tetangga Malaysia dan Singapura ini sebenarnya mulai berkiprah di dunia model sejak ia berusia 16 tahun. Raline kerap menghiasi berbagai iklan produk- produk internasional di Malaysia dan Singapura, walaupun ia mengaku tidak pernah sama sekali bermimpi bisa menjadi seorang model atau pun aktris layar lebar.

Semuanya dimulai saat salah seorang teman mengajaknya pergi casting ke sebuah biro iklan. “Alhamdulillah, saya mendapatkan pekerjaan tersebut. Lalu pada suatu kesempatan saya mendapatkan satu pekerjaan iklan tentang produk perawatan kulit yang iklan tersebut dibuat dalam bentuk mini drama. Dari sutradara iklan itulah saya disarankan agar mau mencoba ‘menceburkan’ diri ke dunia akting, karena menurut dia akting saya bagus,” tutur Raline.

“Hal itulah juga yang menjadi titik awal saya memberanikan diri untuk menerima tawaran bermain di film 5 cm, walaupun memang saya sudah lama belajar akting melalui teater namun tidak pernah menyangka bahwa saya memiliki bakat untuk berakting di depan kamera. Saat diberikan kesempatan itu, saya menjalaninya sebaik mungkin.” lanjut perempuan yang ternyata memiliki kegemaran travel dan memasak ini. Raline juga mengatakan bahwa mimpinya adalah bisa menjadi yang terbaik di bidang yang dia tekuni. Walaupun dia tidak pernah secara khusus menentukan apakah bidang yang akan ditekuni. Dia hanya menjalani apa yang diberikan oleh Sang Maha Pencipta dengan baik.

Mengingat ia sudah pernah membintangi satu iklan produk kecantikan yang ditayangkan untuk pasar Asia Pasifik, wajah cantik Raline sesungguhnya tidak hanya dikenal di Indonesia saja, namun Raline mengaku bahwa dirinya belum memiliki target untuk melebarkan kariernya ke dunia internasional. Baginya bisa turut serta berperan dalam kemajuan perfilman Indonesia adalah hal yang akan sangat membahagiakan. “Saya memang memulai karier saya di negara tetangga, tetapi saya sangat cinta pada Indonesia. Hal itu juga yang membuat saya memutuskan untuk kembali, tinggal dan mengembangkan karier saya di Indonesia. Terlebih lagi saya rasa kita masih membutuhkan banyak orang untuk memajukan perfilman Indonesia,” tutur Raline.

“Lagipula mendapatkan satu pengakuan dari dunia internasional pun tidak semudah itu. Kita ambil contohnya Amerika, jangankan kita para pekerja seni dari Indonesia, masih banyak juga para pekerja seni yang bertalenta dan sudah terjun ke dalam satu film besar di sana saja masih susah mendapatkan satu pengakuan untuk bisa naik (kariernya). Jika pekerja seni Indonesia bisa mendapatkan satu pengakuan dari dunia internasional, maka pastinya ke depannya akan lebih mudah. Tetapi menurut saya yang terbaik saat ini adalah kita harus mencoba segala sesuatu yang terbaik di negara kita, Indonesia. Kalau memang di masa mendatang ada rezeki ke arah itu, mengapa tidak,” lanjutnya.

“Kalau saya pribadi hingga saat ini memang belum terpikir sama sekali untuk keluar dari Indonesia, terlebih lagi saya masih terbilang cukup prematur di jagat perfilman Tanah Air. Tetapi yang pasti saya akan melakukan hal yang terbaik untuk sesuatu yang saya kerjakan saat ini,” tegas dara cantik yang juga gemar bermain sepak bola ini.


BELAJAR AKTING LEWAT POLITIK
Memiliki ayah seorang diplomat membuat Raline sangat tertarik dengan dunia politik. Ia bahkan menyelesaikan pendidikan tingkat tingginya di bidang ilmu politik di National University of Singapore. Menurut Raline, banyak hal yang bisa dipelajari lewat politik. “Saya memang sangat tertarik dengan dunia politik, dan juga banyak belajar banyak hal dari dunia politik, terutama tentang kekuasaan. Bagaimana cara kekuasaan dijalankan dan juga dikendalikan,” ujarnya.

“Menurut saya kekuasaan adalah hal yang penting, mengingat kekuasaan bisa mengatur berbagai macam hal. Selain itu juga saat belajar politik saya juga belajar bagaimana cara mendalami karakter yang sangat membantu saya mendalami peran dalam sebuah naskah,” lanjut Raline yang juga memiliki gelar diploma di bidang teater ini.

Belajar mendalami akting melalui teater dengan bahasa pengantar bahasa Inggris ternyata membuat Raline mempunyai mimpi untuk bisa mendapatkan satu peran dalam film yang menggunakan naskah berbahasa Inggris. “Saya ingin sekali bisa bermain di satu film berbahasa Inggris. Tidak perlu film Hollywood atau film dari negara lain. Film Indonesia saja, tetapi berbahasa Inggris,” paparnya. “Kebetulan saya belajar akting dalam kapasitas menggunakan bahasa Inggris, jadi saya merasa lebih nyaman dan ingin sekali memiliki kesempatan untuk bermain film berbahasa Inggris. Alhamdulillah, sebentar lagi mungkin akan segera tercapai mimpi saya ini karena pembuatan film (berbahasa Inggris) tersebut sedang on progress.” lanjut Raline sambil tersenyum lebar.

Saat disinggung masalah target mendapatkan penghargaan di bidang yang ia geluti, Raline mengaku bahwa ia pribadi tidak pernah menganggap bahwa penghargaan adalah sesuatu yang penting, “Buat saya pribadi penghargaan itu lebih kepada penilaian dari orang lain saja dan hal itu tidak penting. Kalau memang saya mendapatkan satu penghargaan ya saya syukuri, kalau tidak, ya tidak apa-apa,” tuturnya.

“Yang paling penting itu adalah bagaimana saya bisa merasa bahagia dengan semua kemajuan yang saya lakukan dan meyakini bahwa saya sudah melakukan sesuatu yang terbaik. Saya yakin bahwa semua orang ingin melakukan yang terbaik, tapi belum tentu dapat pengakuan dari orang. Tapi kalau saya terus mengejar people recognition, saya rasa hidup saya akan lebih susah dari yang sekarang. Terlebih lagi saya bukan orang seperti itu,”ujarnya lagi. 

LEBIH BANYAK WAKTU UNTUK KERJA SUKARELA
Merayakan Tahun Baru sepertinya tidak ada di kamus dara cantik yang gemar membaca buku-buku bertema dokumenter dan spiritual ini. Kebiasaan yang dia lakukan saat tahun baru adalah berkumpul bersama keluarga dan berdoa. “Tahun baru, biasanya saya pulang ke rumah di Medan, berkumpul bersama keluarga dan berdoa. Karena kebetulan anniversary Papa dan Mama juga berdekatan dengan Tahun Baru (tanggal 25 Desember-red),” ujarnya.

“Harapan saya di Tahun 2015 semoga bisa lebih bersyukur lebih baik lagi, dalam artian saya bisa lebih banyak lagi melakukan kegiatan amal dan berbagi kebahagiaan yang saya raih dengan orang banyak. Saya sudah bahagia dengan yang saya dapatkan saat ini, so I don’t need to be international artist or something. Kalau memang ada rezekinya dan kalau memang ada tawaran serta Tuhan mengizinkan, saya akan menjalankannya dengan bahagia,” tutur Raline menambahkan.

“Saya juga berharap semoga saya bisa lebih bersyukur lagi dengan melakukan volunteer work, karena tahun ini saya benar-benar tidak sempat melakukan kegiatan tersebut. Saya sangat berharap di tahun yang baru ini saya bisa meluangkan waktu jauh lebih banyak lagi untuk melakukannya. Saya memang terbiasa melakukan kegiatan kerja sukarela dari kecil, mengingat Mama saya memiliki Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YCAP) di Medan dan Papa juga aktif di Palang Merah Indonesia (PMI),” tutup Raline sambil tersenyum.

TEKS: SYAHRINA PAHLEVI
FOTO: HANAFI
PENGARAH GAYA: LISTYA DIAH
MAKE UP & TATA RAMBUT: RICHARD THEO (082123899188)
BUSANA: BCBG MAXAZRIA & KOLEKSI PRIBADI
LOKASI: HOTEL INDONESIA KEMPINSKI

Sumber: Majalah HELLO! Indonesia, January 2015 Edition
Rubrik: Celeb News


2 comments:

  1. Tulisan yang sangat bagus dan rapi. Pengemasan bahasanya juga sangat enak dibaca :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ron terimakasih sudah mampir dan juga membaca artikel ini..terima kasih juga pujiannya.. (^-^)

      Delete