Restoran RASA, Sensasi Rasa Asia di Tengah Kota

Article on HELLO! Indonesia, Edisi Januari 2015. Restoran RASA
SENSASI RASA ASIA DI TENGAH KOTA
Restoran RASA yang berlokasi di Hotel InterContinental Jakarta hadir dengan desain interior khas Indonesia yang juga mencoba menawarkan sensasi masakan Nusantara bertaraf internasional yang menggugah selera para penikmat kuliner.

Masakan Asia merupakan salah satu masakan yang memiliki keistimewaan tersendiri dalam peta kuliner dunia. Mulai dari masakan Indonesia, Cina, Jepang hingga India yang memiliki cita rasa tersendiri yang mampu memanjakan lidah setiap penikmatnya. Itulah menu yang disajikan oleh Chef Jaenal Abidin (43), Executive Chef Restoran RASA yang berlokasi di Hotel InterContinental Jakarta. Kali ini ia berbagi resep masakan Tanah Air seperti menu bebek, daging kambing dan juga ikan salmon. 
“Merasakan masakan dari berbagai penjuru dunia pastinya sangat menyenangkan. Tetapi saya pribadi sangat bangga bisa menghadirkan dan menawarkan pengalaman kuliner Asia yang beraneka ragam bagi para penikmat makanan di sini,” ujarnya. 
“Seperti menu-menu yang saya sajikan di Restoran Rasa, saya sangat ingin para pengunjung yang datang ke sini bisa terus menjelajahi cita rasa kuliner Asia, terlebih kuliner Nusantara,” lanjutnya. Pria kelahiran Subang yang sudah menekuni dunia kuliner sejak kecil ini juga mengatakan bahwa berbagai macam rempah-rempah menjadi salah satu kunci utama dalam masakan Indonesia. Tentunya didukung dengan bahan-bahan makanan yang segar. 
“Menu yang disajikan oleh saya di sini kebanyakan sudah dimodifikasi sehingga cocok disajikan sebagai menu kelas internasional. Bukan mengubah rasa, melainkan hanya mengubah tampilan sehingga tampak lebih cantik dan menarik,” papar chef yang mengenal dunia kuliner karena sering membantu ibunya yang memiliki warung makan. 
Seperti menu Roasted Duck Fill Cassava Leaf with Flowers Sambals, yang disajikan Chef Jaenal kali ini. Menu ini adalah salah satu menu jagoan restoran Rasa yang berasal dari Bali. “Bebek panggang ini salah satu best seller di restoran ini, keempukan daging bebek yang dipanggang berpadu serasi dengan rasa rempah-rempah yang ada di daun singkong rebus dan parutan kelapa. Saya jamin menu ini pasti memanjakan lidah semua penikmatnya,” ujarnya tersenyum. 
“Menu kambing yang satu ini juga jagoan saya, karena memasak dengan bahan daging kambing itu sebenarnya adalah satu tantangan mengingat tidak semua orang suka aroma daging yang satu ini, namun menu ini menjadi salah satu favorit para pengunjung,” jelasnya lagi mengenai menu Lamb Stew with Pineapple, Apple and Cashew Nut.
“Saya memang sangat menggemari dan mencintai kuliner Indonesia, hal ini juga yang akhirnya membuat saya selalu terinspirasi untuk berinovasi dan terus memperkaya menu-menu khas Indonesia,” tutupnya. 
Roasted Duck Fill Cassava Leaf with Ginger Flower Sambals
Roasted Duck Fill Cassava Leaf with Ginger Flower Sambals
Bahan:
1 ekor bebek lokal, 200 gram daun singkong rebus, 50 gram kelapa parut, 30 gram kunyit, 15 gram bawang putih, 20 gram bawang merah, 10 gram jahe, 10 gram lengkuas, 1 batang serai, 50 gram cabe merah besar, 10 gram cabe rawit, 3 gram terasi, 5 gram kemiri, 10 gram margarin, 5 gram kencur, 5 ml kecap manis, 1 gram lada hitam halus, 500 ml minyak goreng, garam dan lada secukupnya.

Bahan Sambal Kecombrang:
5 gram cabe merah keriting diiris, 10 gram bawang merah diiris, 10 gram bunga kecombrang, 2 gram terasi yang telah di bakar, 5 ml air jeruk purut, 2 sdm garam, 15 sdm minyak zaitun.

Cara membuat:
Haluskan bawang putih, bawang merah, lengkuas, serai, cabe merah besar, cabe rawit, terasi, kemiri dan kencur di dalam food processors. Panaskan margarin di dalam penggorengan, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, lalu tumis hingga harum. Dalam satu wadah besar, campur daun singkong rebus dan kelapa parut bersama dengan bumbu halus yang telah ditumis. Tambahkan garam dan lada secukupnya. Bersihkan bebek, baluri daging bebek dengan kecap manis, diamkan selama satu jam. Panaskan minyak goreng di dalam penggorengan, goreng bebek hingga tampak kecokelatan, angkat dan sisihkan. Masukkan campuran daun singkong dan kelapa parut ke dalam perut bebek, dan siram sisa saus ke atasnya. Bungkus bebek dengan alumunium foil dan panggang dalam suhu 100 derajat Celsius selama tiga jam.

Sambal Kecombrang

Campur semua bahan dalam satu mangkuk besar, lalu tuangkan air jus jeruk purut dan garam. Aduk rata. 

Lamb Stew with Pineapple, Apple and Cashew Nut
Lamb Stew with Pineapple, Apple and Cashew Nut
Bahan: 10 gram daging kambing diiris tipis, 25 gram potongan nanas, 25 gram potongan apel, 20 gram kacang mede panggang, 5 ml kecap Inggris (Worcestershire sauce), 1 gram jahe, iris seperti batang korek api, 1 lembar daun jeruk purut, 3 gram daun bawang, 15 gram bumbu dasar merah, 5 ml kecap manis, 1 gram lada hitam halus, 10 ml minyak goreng.
 
Cara membuat:
Panaskan minyak goreng dalam penggorengan. Masukkan bumbu dasar merah, daun jeruk purut dan irisan jahe. Tumis hingga harum. Masukkan irisan daging kambing, potongan nanas dan apel masak dengan api sedang selama 15 menit. Masukkan kecap manis, kecap Inggris dan lada hitam halus, masak lagi selama 10 menit. Setelah matang sajikan dengan taburan kacang mede panggang.

Triple Chocolate Brownies
Triple Chocolate Brownies
Bahan: 200 gram dark chocolate, 150 gram mentega, 3 butir telur, 175 gram gula pasir, 4 gram vanilla essence, 75 gram tepung terigu, 100 gram cokelat susu, 100 gram cokelat putih.
 
Cara membuat:
Masukkan dark chocolate dan masak secara bain marie, (dimasak dengan menaruhnya secara tidak langsung di atas api) lalu masukkan telur, gula dan vanilla essence, aduk perlahan hingga rata. Cacah cokelat susu dan cokelat putih, sisihkan. Campur tepung terigu dan telur, aduk perlahan hingga rata, masukkan cokelat yang telah dicacah dan campuran mentega. Aduk hingga rata. Masukkan ke dalam loyang, panggang dalam suhu 180 derajat Celsius selama 45 menit.

Seared Spicy Balinese Tuna with Pickles
Bahan: 35 gram irisan daging tuna segar
Acar: 10 gram kol putih, iris halus 5 gram wortel, iris seperti batang korek api, 5 gram kol merah, iris halus, 5 gram tauge
 
Seared Spicy Balinese Tuna with Pickles
Saus: 5 gram cabe merah, bersihkan bijinya, 3 gram ebi, 3 ml cuka, 5 gram gula pasir, 3 gram garam
Untuk Hiasan: bawang merah dikupas, irisan batang serai, irisan cabe hijau, irisan daun jeruk purut, terasi yang dipanggang, 1 butir telur puyuh rebus
 
Cara membuat:
Panggang tuna dalam penggorengan, sisihkan. Campur semua bahan acar di dalam mangkuk besar, sisihkan. Campur semua bahan saus, tuangkan di atas acar. Taruh semua hiasan di atas tuna, lengkapi dengan sebutir telur puyuh rebus.

TEKS: SYAHRINA PAHLEVI
FOTO: JOSHUA GUNADHI (081806001212), DOKUMEN ISTIMEWA
LOKASI: HOTEL INTERCONTINENTAL JAKARTA, JL. JENDERAL SUDIRMAN KAV 10-11, MID PLAZA JAKARTA PUSAT 10220. TELEPON: (021) 2510888

Sumber: Majalah HELLO! Indonesia, January 2015 Edition
Rubrik: Resep

No comments:

Post a Comment