Kolaborasi Apik Bebi Romeo & Shandy Sondoro, Hadirkan Wanita Sebagai Andalan

Article on HELLO! Indonesia, Edisi Agustus 2015. Bebi Romeo & Shandy Sondoro
KOLABORASI APIK
BEBI ROMEO & SHANDY SONDORO
HADIRKAN WANITA SEBAGAI ANDALAN

Dua tokoh musik andalan negeri dipertemukan dalam satu duet menawan.
Keunikan suara yang dimiliki oleh keduanya pun menjadi ciri khas yang tidak
mungkin bisa ditiru oleh orang lain. Kepada HELLO! Indonesia, Bebi Romeo dan
Shandy Sondoro menuturkan serunya kolaborasi yang mereka hadirkan kali ini. 
Mulai terjun di blantika musik Tanah Air lebih dari 20 tahun silam, Bebi Romeo (40) kini dikenal sebagai salah satu pencipta lagu andal dan juga produser di balik kesuksesan beberapa nama besar di dunia musik Indonesia. Tidak hanya itu, sebagai penyanyi, suaranya yang memiliki ciri khas pun memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya. 
Lain padang, lain ilalang. Berbeda dengan Bebi yang sudah malang melintang di Tanah Air, Shandy Sondoro (41) justru memulai kisahnya di dunia musik di Benua Eropa. Kala itu dirinya sedang melanjutkan pendidikan tingkat tinggi di Jerman. Suara Shandy yang khas pun tak ayal mampu memukau penggemarnya yang tersebar di berbagai negara Eropa, sebut saja Jerman, Austria, Italia dan juga Prancis. Pertemuan keduanya di awal tahun 2009 dikatakan oleh Bebi Romeo menjadi titik awal terwujudnya kolaborasi apik ini. 
SIGNATURE BEBI ROMEO
Ini bukan kali pertama Bebi Romeo hadir dengan konsep album kolaborasi. Signature Bebi Romeo merupakan album keempat yang dirilisnya dengan mengusung konsep yang sama. Menurut pemilik label Mega Musik ini, hal tersebut merupakan kesepakatan yang ia dan timnya miliki saat mereka mulai membangun label tersebut. “Proyek pertama kami waktu itu adalah Bebi Romeo Various Artist pada tahun 2011. Saat itu diluncurkan album di mana saya berkolaborasi dengan beberapa penyanyi terbaik Indonesia. Tanggapan yang dihasilkan cukup positif. Akhirnya kami merasa bahwa konsep ini juga mampu membuat proses distribusi lagu menjadi lebih baik. Akhirnya disepakati bahwa konsep tersebut akan terus kita usung di masa mendatang,” tutur Bebi mengawali percakapan. 
Sementara itu, saat ditanya tentang kisah di balik lahirnya album Signature Bebi Romeo ini, sang pencipta lagu mengakui bahwa sang istri adalah orang yang paling berjasa kali ini. “Waktu itu Meisya (Meisya Siregar, istri Bebi Romeo-Red) sempat mengatakan bahwa saya ini sudah berkutat selama 20 tahun di industri musik ini. Baginya, saya adalah seorang produser, pencipta lagu dan juga penyanyi. Jadi memang sudah saatnya saya mengeluarkan satu album signature saya,” lanjut lelaki kelahiran Jakarta, 6 September 1974 ini. 
Di pertengahan tahun 2015 ini pun Bebi Romeo hadir dengan album Signature Bebi Romeo, album yang didukung oleh enam orang penyanyi dan satu grup menyanyi perempuan yang diakui sangat dikagumi olehnya seperti Shandy Sandoro, Be3 dan Lusy, Cakra Khan, Tata Janetta, Afgan, Marshanda dan Donita. 
WANITA ANDALAN 
Berbeda dengan album-album sebelumnya, Signature Bebi Romeo menjadi album yang didedikasikan bagi lagu-lagu yang menurut Bebi sebenarnya memiliki nilai tersendiri untuk diperdengarkan kepada para penikmat musik Tanah Air. Single Wanita yang ia lantunkan berduet dengan Shandy Sondoro pun didaulat menjadi single andalan kali ini. 
“Mega Musik sebagai label tidak berpikir bahwa lagu pertama yang kami jagokan harus lagu yang komersial. Kami menghindari prinsip tersebut, belum lagi saat ini masyarakat sudah sangat terdukung dengan keberadaan berbagai saluran informasi seperti media sosial. Masyarakat mampu mempelajari musik yang akan mereka dengarkan. Hal ini juga menjadi alasan saya berani menjagokan Wanita, lagu yang sebenarnya pernah ada dalam album kedua saya dengan judul album yang sama. Kala itu, lagu Wanita dianggap terlalu berat untuk dirilis, sampai akhirnya tidak ada kesempatan untuk mempromosikannya,” cerita Bebi lagi. 
Dengan modal kepercayaan yang ia miliki, Bebi pun meramu ulang lagu ini. Ia melibatkan Shandy Sondoro dalam proses aransemennya. “Lagipula saya yakin bahwa lagu Wanita ini sangat mewakili keseluruhan isi album Signature Bebi Romeo ini,” jelas musisi yang pernah bergabung dalam grup Romeo ini. 
DUET DENGAN SHANDY 
Sebagai seseorang yang mengaku sebagai orang yang sangat pemilih dalam bermusik, Bebi mengaku bahwa Shandy adalah sosok yang dikaguminya. Ia mengenal Shandy pada tahun 2009 akhir melalui satu video yang diunggah Shandy di situs YouTube. “Ketika itu, belum banyak orang di Indonesia yang mengenal Shandy, dia lebih dikenal di Benua Eropa sana. Walau begitu saya merasa terlambat mengenalnya, kenapa tidak lebih awal lagi saya bisa mengetahui keberadaan pemusik andal satu ini,” tukas Bebi sambil tersenyum.
Kerja sama di antara mereka pun terjalin pada tahun 2010. Pada saat itu Bebi membentuk duet dengan memasangkan Shandy dengan salah satu penyanyi Tanah Air. Komunikasi mereka terus berlanjut hingga akhirnya Bebi menghubungi Shandy terkait proyek album terbarunya. “Shandy menyambut dengan sangat baik. Dia mengemukakan bahwa dirinya juga ingin berduet dengan saya. Alhamdulillah, hasilnya pun sangat memuaskan,” tutur Bebi.
Tumbuh dalam lingkungan keluarga yang mencintai musik, Bebi mengatakan bahwa dirinya memang sempat khawatir akan kendala jenis suara yang sangat berbeda antara dirinya dan Bebi. “Ternyata proses kolaborasi kami berdua berjalan dengan sangat lancar. Waktu yang kami butuhkan untuk merekam lagu Wanita ini juga tidak lama. Tidak ada kendala apa pun, kami juga enjoy dan terciptalah kolaborasi unik kami ini,” tutur Shandy bersemangat.
“Formula duet Wanita ini sebenarnya formula duet yang aneh. Tetapi saya ingin menunjukkan bahwa lagu itu tidak memiliki aturan baku. Bagi saya duet ini mengalir dengan sangat baik,” tambah Bebi lagi.
Dua sosok yang merupakan penggemar band The Beatles ini berpendapat bahwa mereka percaya pada filosofi bahwa segala sesuatu yang berada tepat pada porsinya pasti akan menghasilkan sesuatu yang menyenangkan untuk dinikmati. Keduanya pun berharap semoga di masa mendatang mereka bisa kembali terlibat kembali dalam satu kerja sama.
“Album duet kami berdua misalnya. Kami bisa menciptakan lagu bersama-sama,” tutur Shandy sambil tersenyum. “Atau bisa juga kami menyanyikan kembali lagu milik Shandy dengan aransemen yang berbeda,” kata Bebi menambahkan sekaligus menutup perbincangan sore itu.


TEKS: SYAHRINA PAHLEVI
FOTO: DAVID HASUDUNGAN (081389933808)
PENGARAH GAYA: LISTYA DIAH
LOKASI: HUMMINGBIRD EATERY KUNINGAN CITY
BUSANA: MASSIMO DUTTI

No comments:

Post a Comment